BOJONEGORO – Akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi di wilayah kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, puluhan rumah warga di desa Soko Kecamatan Temayang Bojonegoro diterjang banjir bandang. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun puluhan rumah warga terdampak akibat luapan air sungai setempat.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 wib (26/02/22). Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur desa Soko Kecamatan Temayang Bojonegoro yang mengakibatkan sungai Soko yang melintasi pemukiman warga meluap dan mengakibatkan puluhan rumah warga tergenang air. Derasnya aliran sungai membuat warga panik dan berhamburan menyelamatkan diri ketempat yang lebih tinggi.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menyebutkan sebanyak 55 rumah warga terdampak luapan sungai soko satu diantaranya mengalami kerusakan cukup serius karna tidak kuat menahan aliran sungai yang menerjang pemukiman warga.

Menurut camat Temayang Kasmari, pihak kecamatan Temayang yang dibantu BPBD kabupaten Bojonegoro mengevakuasi warga ketempat yang lebih aman, serta memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak. Selain itu petugas juga turut membersihkan lumpur bakas luapan sungai soko yang tertinggal di jalan poros desa dan pemukiman warga.

kita pemerintah kecamatan yang dibantu tim BPBD Bojonegoro telah memberikan bantuan sembako dan membantu warga untuk membersihkan lumpur yanh tertinggal dari luapan sungai soko yang berada di pemukiman warga dan jalan poros desa“, ungkap kasmari.

Ia juga menambahkan bahwa kecamatan temayang merupakan daerah yang seringkali terjadi bencana banjir bandang yang diakibatkan karna gundulnya lahan hutan yang berada di daerah sekitar.

saya kira penyebab utamanya adalah gundulnya lahan hutan di daerah kami, sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi membuat resapan air di hutan berkurang hingga membuat aliran sungai meluap ke pemukiman warga“, imbuh kasmari. (mam/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.