Pewarta: Hening Bulan

Berita Amatan (Indo Swara) – Sesungguhnya setiap orang membutuhkan lebih banyak keberanian untuk hidup daripada bunuh diri.

Ini ironi cara mati pada waktu terdekat yang telah terjadi di Bojonegoro. Seorang pria berinisial H (25 tahun) ditemukan tewas gantung diri di dalam kantor (23/8/2021). Kejadian di Desa Sumberwangi, Kecamatan Kanor, Bojonegoro, menambah hitungan orang bunuh diri di Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terdapat 5.787 kasus bunuh diri dan percobaan bunuh diri di Indonesia sepanjang 2020.

Data WHO menunjukkan setiap 40 detik terdapat satu orang yang meninggal dunia karena bunuh diri atau setara dengan 800 ribu orang setiap tahun.

Tahun ini, tema hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia yang jatuh pada 10 September adalah “Menciptakan Harapan Melalui Tindakan’ sebagai pengingat ada jalan keluar selain bunuh diri.

“Bunuh diri juga menjadi penyebab kematian tertinggi kedua pada kelompok usia 15-29 tahun,” terang Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (P2MKJN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Celestinus Eigya Munthe dalam webinar ‘Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia’ yang digelar (11/9/2021).

Editor: Red – Indo Swara/Agung DePe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *